Friday 21 March 2014

Tentang Etnography dalam Dunia Marketing


http://ethnographymatters.files.wordpress.com/2012/07/photo-1.jpg

Kita semua telah mendengar Geografi . Mungkin bahkan Oseanografi . ? Tapi Etnografi ? Etnografi adalah apa yang perusahaan besar gunakan untuk lebih memahami pelanggan mereka dan apa yang mereka inginkan Singkatnya , ahli etnografi Amalia E. Maulana seperti adalah alasan mengapa kita menggunakan istilah-istilah seperti dan bahkan mengapa beberapa toko melihat cara mereka lakukan . ? Hari ini , pendiri dan CEO dari Etnomark Consulting menjelaskan mengapa perusahaan mengandalkan etnografi , bagaimana user-friendly dapat membantu kita memecahkan masalah lalu lintas dan mengapa dia ingin ada 40 jam dalam sehari .


Apa etnografi ?


Ini adalah cabang dari antropologi . Kita belajar tentang manusia dan cara hidup mereka dari berbagai dimensi . Kami memperoleh pemahaman dengan menggunakan berbagai studi kasus kecil untuk memberikan kita pemahaman yang lebih luas tentang budaya dan orang-orang . Dalam etnografi , kami mencoba untuk mendapatkan beberapa wawasan tentang bagaimana dan mengapa orang melakukan apa yang mereka lakukan . Mungkin Anda tidak menyadari bahwa iPod menggunakan etnografi untuk mengembangkan antarmuka pengguna dan pengalaman Apple Store . ?

Bagaimana Apple menggunakan etnografi ?

Etnografi adalah alasan Anda dapat menggunakan hal-hal seperti iPod begitu mudah dan intuitif . The iStore dirancang di sekitar bagaimana konsumen bisa menggunakan peralatan dalam kehidupan sehari-hari mereka .

Apa faktor-faktor lain yang berperan ?

Berbagai dimensi . Sebagai contoh, kita belajar mengapa pelanggan kadang-kadang mencintai produk tapi tidak membelinya , mengapa beberapa orang membeli tetapi tidak pernah digunakan dan sebagainya . Etnografi menghubungkan budaya dengan perilaku dan pemahaman . ? Sebuah contoh sempurna adalah bagaimana orang mendefinisikan Budaya memainkan peran besar 'cool . '; Perilaku akan memainkan peran juga. Mengapa BlackBerry yang menjual lebih baik di Indonesia daripada iPhone ? Itu karena budaya ramah Indonesia , yang terkait dengan perilaku mengobrol . ?

Apa yang diajarkan etnografi Anda selama bertahun-tahun ?

Jakarta adalah kota metropolis yang heterogen , kaya cerita . Anda dapat menemukan orang-orang dari mana-mana di Indonesia di Jakarta . Budaya asli mereka , cara berpikir dan perilaku telah dicampur untuk membuat ' masyarakat baru ' di Jakarta . ? Dari perspektif etnografi , untuk memecahkan masalah Jakarta , kita tidak bisa lagi membagi orang ke dalam kategori tradisional seperti demografi [ umur, pendapatan , pekerjaan , dll ] atau psikografis [ kepentingan , nilai-nilai , dll] . ? ? Kita perlu memilah orang-orang dengan perilaku dilengkapi dengan dimensi lain , seperti psikografi dan demografi .

Apa yang Anda temukan ?

Dengan menggunakan etnografi , dan jika Anda mengamati dengan cermat , orang Jakarta seperti Komuter bersama-sama . ? Itulah konsep di balik situs web seperti nebeng.com dan omprengan . Beberapa orang yang mengambil rute yang sama membayar satu driver untuk melakukan Komuter tersebut . ? Daripada menegakkan 3 -in-1 dengan denda dan berakhir dengan joki , kita harus mendorong orang yang tinggal dekat satu sama lain untuk bepergian bersama-sama .

Apa omprengan ?

Cara kerjanya seperti ini : Katakanlah kita hidup di Bogor . Aku akan memarkir mobil saya di tempat tertentu . Aku akan menunggu untuk teman-teman saya untuk datang ke mobil saya dan kami kami akan pergi bersama . ? ? Aku pengemudi , sehingga semua Anda harus membayar , katakanlah Rp 10.000 ($ 1.10) , bagi saya untuk perjalanan satu arah. ? Ada yang murni karena arah yang sama dan dapat meninggalkan pada saat yang sama , beberapa komersial . ? Situs Web nebeng.com mengiklankan orang-orang yang akan meninggalkan di daerah tertentu untuk tujuan tertentu .

Jadi etnografi digunakan untuk lebih memahami konsumen ?

Perusahaan saat ini tidak bisa lagi memahami konsumen mereka berdasarkan metodologi penelitian tradisional . ? Semua media konsumen yang dikendalikan , seperti Facebook dan Twitter , telah mengubah cara orang berperilaku . ? Oleh karena itu , Anda perlu memahami perilaku konsumen untuk memahami perilaku belanja .

Apakah Anda memiliki keraguan tentang memulai sebuah konsultan berbasis pada layanan niche ini?

Saya sangat senang dan gembira . Saya memiliki track record yang panjang sebagai profesional di perusahaan multinasional . ? Awalnya , aku punya keraguan saya , tapi adik saya , yang adalah seorang pengusaha sukses , memberi saya beberapa saran yang kuat : ' . Now or Never ' ? ? Dalam waktu singkat , saya punya klien pertama saya dan itu sebuah perusahaan multinasional .

Anda punya PhD di Australia , jadi mengapa kembali ke Jakarta ?

Setelah berpikir tentang hidup saya untuk waktu yang lama , aku menyadari bahwa aku akan lebih berharga jika saya bekerja di Indonesia daripada di luar negeri . ? ? Plus, saya tahu bahwa peluang saya untuk sukses akan lebih tinggi di negara saya sendiri . ? Sebelum aku pergi untuk PhD saya , saya memiliki jaringan yang kuat di Indonesia . Jaringan adalah aset utama Anda dalam bisnis . Setelah kembali ke Indonesia , saya membayangkan diri saya sebagai agen perubahan . ? Saya mencari ceruk untuk membedakan diri sendiri dan kemudian saya menyadari bahwa saya bisa menggunakan etnografi sebagai alat untuk mendeteksi dan memahami isu-isu penting bagi perusahaan-perusahaan Indonesia .

Dapatkah Anda memberi kami sebuah contoh ?

Saya tidak bisa memberikan contoh karena kerahasiaan klien .

Apa perbedaan dari karir tradisional dibandingkan karir akademik ?

Dalam karir tradisional , indikator kinerja kunci Anda telah menetapkan dan jelas . Dalam karir akademis , Anda menetapkan KPI sendiri. ? Anda mencari topik penelitian Anda sendiri dan menemukan hasil . ? Dalam kehidupan perusahaan tradisional , Anda akan melihat hasil kerja Anda hanya dalam waktu singkat . Dalam akademis , Anda memerlukan setidaknya dua tahun .

Anda memiliki tiga anak-anak dan juga mengajarkan , bagaimana Anda mengelola untuk menyeimbangkan hidup Anda ?

Aku tidak bisa benar-benar menjawab ini. Aku masih tidak baik pada manajemen waktu . Saya berharap ada 40 jam dalam sehari [ tertawa ] .

Diterbitkan di The Jakarta Globe , November 21, 2010
My Jakarta : Amalia E. Maulana , etnografer
oleh AMALIA E. MAULANA pada 4 Desember 2010 di BLOG

No comments:

Post a Comment