Monday 31 March 2014

sedikit tentang brand dan branding !


Setiap waktu kita selalu dikelilingi oleh brand. kapanpun dimanapun brand selalu ada di benak kita. brand yang baik akan selalu berada di level top of mind yaitu level dimana brand sudah terekam diotak kita secara spontan terhadap sesuatu. sebagai contohnya kita akan selalu mengingat google ketika mencari sesuatu informasi, youtube ketika bercengkrama dengan  dunia video entertaintment dan skype ketika kangen dengan sodara, teman atau sahabat. disini saya akan sedikit bertukar pengalaman kepada temen-temen tentang brand itu sendiri. simplenya brand itu sebuah identitas. kita sendirilah yang mengatur bagaimana identitas itu membentuk sebuah brand itu sendiri agar mampu memberikan keterkaitan emosional dengan konsumen tersebut.

  " Merek adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan mendiferensiasi (membedakan) barang atau layanan suatu penjual dari barang atau layanan penjual lain."  Bilson Simamora (2001;149)

" Merek adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, atau desain, atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu." Kotler, Armstrong (2003;349)

setelah kita tau gambaran umum brand, maka saya akan sedikit bertukar ide dan pengalaman seputar branding, jadi apa itu branding ?

dan pastinya teman-teman tau apa itu branding dengan berbagai macam definisi.jadi intinya bagaimana kita meng-image kan brand kita di benak konsumen. contoh kecilnya seperti ketika kita membeli produk olahraga nike atau adidas, beberapa teman kita akan memandang bahwa adidas itu lebih baik ketimbang nike. adapula yang beranggapan bahwa nike lebih elegan dan lebih baik dari adidas. sebenarnya ini juga tak lepas dari latar belakan individu-individi tersebut. tetapi juga tak lepas dari bagaimana sebuah corporate olahraga tersebut membangun sebuah brand dengan cara branding. branding dapat dilakukakn dengan banyak cara pertama dengan service kita kepada konsumen, kedua dengan mengelar event yang berkaitan dengan brand kita, ketiga memberikan pengalaman dan edukasi produk kepada konsumen secara unik dan kreatif. untuk pengertian branding menurut para ahli yaitu 


" Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. " Amalia E. Maulana


" Merek (Brand) merupakan  nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikannya (membedakan) dari barang atau jasa pesaing." Menurut teori (Kotler,2009:332) 


nah sekarang jika kalian ada ide  atau definisi lain tentang brand dan branding, silahkan unkukkan opini teman-teman lewat post comment yah?

 jng lupa juga tuker link blognya makasih . . .

sumber : http://amaliamaulana.com/blog/brand-branding-dan-peranannya-bagi-perusahaan/
              http://jennimahasiswaupnyk.wordpress.com/2012/04/27/brand-and-branding/
              http://www.slideshare.net/ArumMartikasari/brand-12304720


No comments:

Post a Comment