Wednesday 12 February 2014

Iklan adalah ?

#Sedikit Share informasi…


iklan cetak

iklan

Kali ini saya ingin menulis tentang beberapa informasi yang bisa saya bagi. J
 IKLAN, Apa itu iklan? Dan bagaimana ia bekerja? Iklan kerap terdengar di telinga kita setiap hari. Dimanapun kapanpun kita berada kita selalu diikuti iklan tentang berbagai merk, waktu kita jalan-jalan ke sebuah mall, atau menghabiskan waktu bersama gadget tercinta selalu tak pernah kita lalui tanpa melihat bahkan melirik iklan pun karena dimanapun kita berada selalu diikuti iklan iklan tersebut. Ini juga tak lepas dari era globalisasi dimana setiap orang dapat memperoleh dan membuat sebuah informasi dengan sangat mudah dan cepat.
Pengertian iklan menurut para ahli
“Segala macam bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa non-personal yang dibayar oleh sponsor tertentu.” Kotler (1999)
“Iklan didefinikan sebagi pesan yang... menawarkan suatu produk yang ditujukan untuk masyarakat melalui suatu media. Beda dengan pengumuman biasa, iklan lebih membujuk orang untuk membeli.”  Rhenald Kasali (1992)
 “ Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasaran.” Menurut Gilson & Berkman (1980).
Setelah kita tau dan mengerti definisi iklan menurut beberapa para ahli, mari kita menyimak bagaimana iklan bekerja. Nah, Pertama kali iklan muncul pada Reklame, advertentie atau yang sekarang lebih dikenal dengan iklan, mempunyai sejarah yang panjang. Iklan mulai dikenal pada jaman Yunani Kuno, utamanya digunakan untuk menyiarkan budak-budak yang lari dari majikannya, atau memberitahu akan dilangsungkannya pertandingan gladiator. Bentuk yang digunakan adalah dengan menyebarkan surat edaran (brosur). Namun lambat-laun sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, di Inggris digunakan metode tulisan tangan dan mencetaknya di atas kertas-kertas ukuran besar. Penggunaan metode ini pun tentu saja masih sangat sederhana.Kemajuan teknologi mem produksi iklan baru dimulai pada abad ke-17, bersamaan dengan meluasnya penjualan buku-buku baru, dan surat kabar.
Iklan bekerja sebagaimana kita berinteraksi, iklan akan selalu berinteraksi dengan orang-orang yang menurutnya merupakan golongan dari sebuah masyarakat iklan tersebut. Ini seperti yang dikatakan beberapa ahli diatas bahwa iklan akan memakai pesan-pesar persuasive mungkin agar mengajak orang-orang untuk bertindak. Ada beberapa cirri iklan yang efektif dan tepat sasaran :
1.      Tujuan iklan harus jelas :
jadi tujuan disini berfungsi sebagai perkenalan produk anda serta mengapa orang harus membeli produk anda dan berikan alasan yang jelas. Sampai mereka sadar dan mendapat pengetahuan tentang produk anda sampai mereka membeli produk anda kembali dan loyal meggunakan produk anda.

2.      Diarahkan ke sasaran yang tepat : disini anda harus memilah segmen pasar atau kalangan masyarakat  terhadap produk anda dan fokuslah terhadap segmen tersebut. Disini anda tidak boleh “serakah” dalam pemilihan segmen pasar. Jadi anda harus menentukan target kelompok masyarakat secara jelas dan tepat.
3.      Menggunakan media yang tepat : Dalam penggunaan media anda dapat memilih berbagai macam media seperti media cetak : Koran, majalah, brosur, poster dan masih banyak lain
Dan juga media elektronik seperti : website, media social, billboard. Dll. Tapi ada yang perlu anda ingat yaitu jng asal memilih media dalam memasarkan produk anda tetapi belum tentu sesuai.  
4.      Pesan dikemas dengan unik dan kreatif.: Dalam pemilihan pesan usahakan singkat padat dan jelas jadi buat isi pesan iklan alasan logis dan menarik mengapa mereka harus melakukan apa yang anda katakan. Buatlah testimony tentang produk anda tampilkan produk sesuai fakta dan bukti bahwa produk anda lebih baik dari pada produk lain.
5.      Anggaran dan estimasi hasil : adakalanya anda menghitung dari berapa besar dana yang dialokasikan untuk beriklan dan memberikan hasil seberapa besar. Anda dapat mengira-ngira berapa orang yang akan sadar terhadap iklan yang anda iklankan di media-media seperti radio, televise, dan Koran.
6.      Jangan Lupa untuk berdoa dan terus mencoba ! J

Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan berhasil.  

Daftar pustaka :
http://www.dokterbisnis.net/2013/10/30/5-ciri-ciri-iklan-yang-efektif-dan-tepat-sasaran/

Sumber: http://www.zainalhakim.web.id/sejarah-dan-perkembangan-periklanan.html

No comments:

Post a Comment