Monday 5 January 2015

Alun-alun sebagai " CityBranding " suatu kota.

photo by : wiwin
City Branding atau Brand Places merupakan strategi dari suatu tempat atau daerah untuk membuat positioning  
yang kuat sebagai alat promosi dan penguatan akan target market, seperti layaknya positioning sebuah produk atau jasa, sehingga tempat atau daerah tersebut dapat dikenal di seluruh dunia.
Dalam hal ini setiap kota pasti memiliki suatu khas, unik dan ramai. Tempat tempat tersebut, menjadi acuan pengunjung sebelum melihat lebih jauh tentang kota tersebut. seperti halnya alun-alun memiliki suasana yang khas dan unik, yaitu selalu ramai dikunjungi orang, terletak di jantung kota dan terdapat berbagai macam kuliner local. Seperti misalnya di kota batu , alun-alun yang satu ini memiliki arsitektur modern dengan warna-warna ceria yang memutari dinding serta bangunan-banguna berbentuk buah-buahan yang ada di dalamnya menggambarkan keunikan, keceriaan dan kealamian ketika berkunjung ke kota batu. Hal ini tentu menjadikan suasana yang berbeda, serta menjadikan brand tersendiri di benak pengunjung ketika menikmati suasana di area alun-alun.  

upaya yang dilakukan pemerintah setempat ternyata tidak sia-sia pasalnya semakin banyak pengunjung yang berdatangan ke kota batu hal ini menunjukkan branding alun-alun sudah memberikan gambaran yang positif dibenak pengunjung. Ini merupakan sebuah ide yang perlu di gagas di daerah-daerah lain supaya lebih memperhatikan keindahan dan kebersihan alun-alun kota yang merupakan salah satu fasilitas umum yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.

2 comments: