Saturday 5 April 2014

Sedikit kultwit tentang ZMOT (Zero Moment Of Truth) !


ZMOT ? uda pada pernah denger? yuk kita bahas dikit tentang #ZMOT. saya ambil dari pembahasan ibu amalia tentang ZMOT itu sendiri.

Amalia E Maulana @etnoamalia

1. Kalau Moment of Truth (MOT) sudah srg dengar ya? Bgmn dgn Zero Moment of Truth (ZMOT)? Kulwit ini akan membahas lebih jauh ttg #ZMOT 

2. Konsep Moment of Truth ternyata beragam, mari kita ulas satu persatu, mulai dari MOT yg paling umum jadi bahasan sejak lama #ZMOT

3. Sepuluh tahun lalu, suami sy punya kebiasaan sempatkan diri seharian di Glodok, hanya utk pelajari elektronik yang akan dibelinya #ZMOT

4. Ditambah, kesibukan menelpon teman-temannya yang sudah memiliki model elektronik idaman utk sharing dan bandingkan pengalaman mrk #ZMOT

5. Era itu sudah berlalu. Suami saya sekarang hanya perlu membuka iPad nya untuk browsing semua barang elektronik idamannya #ZMOT

6. Saat ini, Calon Konsumen tidak perlu secara fisik hadir di toko di Glodok, karena toko-toko Glodok sudah bisa diakses via Internet #ZMOT

7. Calon Konsumen juga tdk perlu spend waktu telpon sana-sini, krn dgn googling saja, berbagai review sites akan sediakan informasi #ZMOT

8. Review Sites itu memuat banyak sekali cerita ttg Moment of Truth (MOT) konsumen lain ttg produk/jasa, tinggal dipelajari saja #ZMOT

9. Istilah ‘Moment of Truth’ sejak dulu digunakan utk jelaskan moment penting interaksi antara konsumen-brand, saat brand dibeli/coba #ZMOT

10. Bila ternyata janji2 nya tdk terpenuhi, maka MOT ini dianggap gagal. Moment tsb akan membuka beberkan ‘siapa’ brand sebenarnya #ZMOT

11. Ternyata konsep Moment of Truth itu berkembang terus, dan kemudian dikenalkan titik-titik moment yang berbeda dlm Moment of Truth #ZMOT

12. Menurut A.G. Lafley, CEO Procter & Gamble di tahun 2005, Moment of Truth pd saat produk sudah dibeli/coba bukanlah yang terpenting #ZMOT

13. Ia menyebut Moment setelah produk/jasa dibeli/coba itu sebagai Moment of Truth KEDUA (The Second Moment of Truth/SMOT) #ZMOT

14. The First Moment of Truth (FMOT) antara brand-konsumen, menurut Lafley, lebih penting lagi dibandingkan dgn SMOT (Second MOT) #ZMOT

15. First MOT (FMOT) = Saat konsumen bertemu langsung dengan brand di rak display - saat berada dizona terdekat dgn brand face to face #ZMOT

16. Pada saat pertemuan pertama itulah kekuatan sebuah brand diuji. Sukseskah ia menarik hati dan membuat seorang konsumen membelinya? #ZMOT

17. Tidak heran bahwa perusahaan FMCG seperti P&G dan Unilever habiskan dana tinggi agar First-MOT di outlet2nya berhasil dgn baik #ZMOT

18. SPG berada di sekitar produk utk pastikan bhw selalu ada wakil brand yg jelaskan & menarik minat agar FMOT itu tembus, brg dibeli #ZMOT

19. Bukan orang mktg kalau konsep MOT ini hanya berhenti sampai FIRST dan SECOND Moment of Truth: FMOT dan SMOT. Ada konsep baru lagi #ZMOT

20. Kalau FMOT dan SMOT dari FMCG company P&G, yang mengintroduce konsep bertajuk Zero Moment of Truth #ZMOT ini eksekutif Google

21. Jim Lecinski dari Google buat terobosan kenalkan istilah “Zero Moment of Truth” (#ZMOT = ZEE-mot). ZERO itu lebih awal dari 1st dan 2nd

22. Saat #ZMOT diyakini jauh lebih penting dr FMOT dan SMOT ala P&G. Menurut Google, Moment terpenting justru SEBELUM bertemu apalagi BELI!

23. Saat tertarik pd produk - baik itu sekedar snack, tiket konser hingga liburan keParis - info di Internet bisa membolak-balik HATI #ZMOT

24. Bagi Konsumen Modern: Pre-shopping Moment adalah saat penting, cari info ttg sesuatu, lebih KRITIKAL dibanding pertemuan langsung #ZMOT

25. Ini ada hubungannya dg konsep SATISFACTION, yg merupakan judgment pd saat Performance brand itu sama atau lebih dari Expectation #ZMOT

26. Sebenarnya Satisfaction itu terbagi jadi TIGA MOMENT: Satisfaction (1) Pre-Purchased, (2) During Purchase dan (3) After Purchase #ZMOT

27. Pembagian 3 MOMENT itu lah para konseptor berpedoman  #ZMOT Jauh Sebelum Purchase, FMOT itu During Purchase & SMOT sesudah purchase

28. Moment Pertama yaitu BEFORE PURCHASE & INTERACTION, ternyata menentukan Mau atau tidaknya konsumen berhubungan terus dg Brand #ZMOT

29. ZMOT juga berlaku dlm Personal Branding. Moment of Truth konsep lama berarti saat Audience bertemu langsung dengan Seseorang #ZMOT

30. Apakah ia dapatkan experience yg menyenangkan atau sebaliknya? Dlm konsep lama, ini yg seolah paling penting dlm personalbrand  #ZMOT

31. Sesuaikah pengalaman itu dgn apa yg ia bayangkan? Moment of Truth bisa ‘make’ or ‘break’ the relationship dg personal brand  #ZMOT

32. Authenticity dari Personal Brand mengalami ujian terbesar pada saat Moment of Truth (FIRST MOMENT of TRUTH) berlangsung #ZMOT

33. Beberapa teman berkomentar kurang baik tentang TOKOH, hanya karena saat bertemu langsung, mereka tidak seramah yang dibayangkannya #ZMOT
DetailsOpen

34. Tokoh yg segan utk berfoto bersama, misalnya, bkn hanya kehilangan 1 penggemarnya. Ia akan menuai badai cerita negatif di Internet #ZMOT

35. Menerapkan #ZMOT dlm Personal Branding berarti kita hrs lebih jeli dlm kelola eksistensi diri jauh sebelum bertemu langsung dg Audience

36. Lebih lagi, bila menyangkut Personal Brand CEO atau Tokoh. Eksistensi dan konten di Internet jadi kritikal dan jgn sambil lalu #ZMOT

37. Apa saja yg kita posting di Twitter & Facebook? Foto, Video apa yg dishare di Path,Instagram & Youtube? Bgmn gaya merespon komen2? #ZMOT

38. Sempat berpikir 2x kah kita bhw apapun yg di’terbit’kan jadi catatan yg tertanam & bisa pengaruhi audience yg sdg ‘search’ info #ZMOT

37. Next, #ZMOT Personal Brading CEO jelas akan pengaruhi citra perusahaan ZMOT Tokoh partai, akan make or break Impresi Tokoh dan partainya

38. Pentingnya jaga First Impression diingatkan oleh konsep #ZMOT - yaitu gerbang utama sebelum interaksi lanjutan- MILIH tokoh misalnya

39. Tidak perlu menunggu hingga tingkatan FMOT dan SMOT. Brand kita sudah bisa GAGAL sejak dari Zero - MOT di dunia maya dimulai #ZMOT

40. Anggap saja FirstMOT dan SecondMOT sudah harus bagus – ‘it goes without saying’, hukumnya wajib. Sudah tidak harus dibahas lagi #ZMOT

41. Di toko, display brand harus mengundang. Personal brand, setiap pertemuan langsung, harus menyenangkan. Itu kewajiban #ZMOT

42. Fokus hari ini = pembenahan ‘pertemuan tidak langsung’ di dunia maya. Brand akan dievaluasi virtually. Siapkah Anda, spt apa #ZMOT nya?

43. Krn itu don't take it for granted. Periksa bail-bail spt apa IMPRESI yang terbentuk saat #ZMOT ? Pernahkah cari feedback Audience?

44. Pastikan #ZMOT personal brand Anda dan Brand yg Anda sedang pasarkan MULUS. Jangan ada celah disana. Ini Controllable, harus dikelola

45. End of Kultwit tentang ZERO MOMENT OF TRUTH #ZMOT. Silakan aplikasikan.


itu tadi sekilas bahasan ZMOT dari ibu amalia semoga membantu teman-teman.
jika ada yang punya definisi dan pengalaman seputar ZMOT boleh komentar. terimakasih :)) 







No comments:

Post a Comment