Kultwit Tentang Re-Branding dalam Kasus Norman Kamaru
(Seorang Polisi yang
sempat gempar di dunia maya ketika jogged india chaiya-chaiya)
Selamat Membaca..
Amalia E Maulana @etnoamalia
21/Sep/2014
1. Sebelum lebih lanjut diskusi tentang topik inti Nasehat
#Rebranding untuk Norman Kamaru, sebaiknya kita bahas dulu definisi Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
2. Wikipedia: Rebranding = a NEW name, term, symbol, design
created for an established brand of developing a NEW, differentiated IDENTITY
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
3. Continued......NEW, differentiated IDENTITY in the minds of
consumers, investors, and competitors #Rebranding definition
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
4. Saya sendiri kurang sreg dengan definisi #Rebranding di
Wikipedia itu, karena lebih mengarah ke Identity spt nama, logo, simbol, dst
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
4. Itulah sebabnya banyak yg masih artikan #Rebranding itu
dgn ganti BAJU (identity) dan melupakan yg lbh esensi yaitu perubahan brand
VALUE
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
5. Definisi #Rebranding sehrsnya diturunkan dr definisi
branding : “A brand is cluster of benefits (Values) company committed to
deliver”
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
6. Fokus Branding = Develop MEANING through IDENTITY. Berarti
dlm #Rebranding, Fokusnya adalah Develop (NEW) Meaning through (NEW) IDENTITY
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
7. Setelah membahas definisi2, barulah kita membahas
kasusnya Norman Kamaru yuk. Ini menarik krn cukup fenomenal #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
8. Branding is a process. Saat Norman Kamaru mendadak tenar
via Youtube – saya mendapat banyak pertanyaan dari student bizschool
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
9. “Bu, katanya Branding itu proses dan tdk ada yg instan.
Lalu bagaimana Ibu bisa jelaskan Brand Norman Kamaru tiba2 melejit?"
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
10. Memang sulit jelaskan kpd mereka bhw tak ada branding
instan krn saat itu Briptu N.Kamaru sedang melejit & digemari dimana2
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
11. Kejatuhan NKamaru dari ketenarannya bawa peluang bagi
saya utk jelaskan kembali pentingnya punya fondasi kuat bangunan brand
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
12. Sekarang, NKamaru kembali jadi pemberitaan, ia
di’temukan’ menjadi Tukang Bubur di Cafe J&J miliknya sendiri di apt
Kalibata #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
13. Berbagai pembahasan tentang perjalanan Brand Norman
Kamaru merebak kembali. Sebagian orang mengatakan Norman bangkrut #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
14. Pemberitaan negatif (bangkrut) ini ditampik oleh Norman
dan istrinya. Mereka menyatakan hanya berganti profesi saja #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
15. Ini saat yang cocok untuk belajar tentang key success
factors dan key failure factors Branding Briptu Norman Kamaru #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
16. Di awal lahirnya Brand Briptu Norman Kamaru, msyarakat
dikejutkan dg pemandangan unik: Polisi lypsinc yg pandai joget India
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
17. Unik dan tidak biasa, menghibur. Di sini orang tahan
berjam-jam menonton ‘polisi lucu’ Norman Kamaru ini di depan tvnya #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
18. Keysuccess: Brand Relevance - Brand berhasil rebut
perhatian krn berikan suatu yg sesuai dgn ‘NEEDS’ masy. yg haus hiburan
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
19. Brand Distinctiveness: Norman Kamaru sosok unik. Polisi?
Joget India? Biasanya Polisi = sosok yg berwibawa & terkesan seram
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
20. Key failure Brand Norman: Membangun brand itu butuh
‘blueprint’, Brand Norman tdk punya gambarbesar cita2 yg ingin diraihnya
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
21. Setiap perjalanan brand perlu pertimbangkan koridor yg
disepakati, tdk scr sporadis berganti2 rencana tanpa tujuan yg jelas
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
22. NKamaru memang bukan brand yg lahir krn rencana seksama
di awalnya. Ttp itu tidak berarti tdk bisa disiapkan grand designnya
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
23. Justin Bieber = salah satu contoh Brand Instan via
Youtube yg kemudian melejit lebih tinggi lagi dibanding awal ia ngetop
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
24. Brand Bieber sekarang berharga jauh berlipat-lipat.
Sedangkan yang terjadi pada Brand Norman Kamaru adalah sebaliknya #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
25. Satu syarat lagi karakteristik brand sukses adalah Brand
Consistency. Di karakter ini lah NKamaru TDK LULUS ujian Branding #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
26. Di awal munculnya ia dikenal sebagai BRIPTU Norman
Kamaru. Apa artinya? Nama Briptu itu mengandung unsur “kepolisian” #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
27. Kita analisa melalui analisa Brand Positioning
Statement. Kita lihat before vs after Norman Kamaru di awal danb setelahnya
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
28. "Bagi masy yg ingin hiburan segar, Briptu Norman
Kamaru = satu2nya Polisi unik krn pandai meniru menyanyi dan joget India
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
29. Dari kalimat tsb tampak bahwa “Polisi” adalah katakunci
yg penting bahkan salah satu kunci sukses brand Briptu Norman Kamaru
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
30. Setelah ia dikeluarkan dari Kepolisian? Brand Positioning
berubah jadi “orang yg nyanyi & joget India” - langsung tidak unik
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
31. Tanpa unsur Polisi, brand Norman Kamaru ini jadi brand
biasa : Apa yang aneh dari orang yang (kebetulan) bisa joget India #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
32. Diberitakan Norman sangat menyesalkan keluarnya ia dari
Kepolisian. Memang itu pelajaran branding yang berharga buat semua #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
33. Elemen terpenting dlm sebuah brand harus dipertahankan
eksistensinya. Itu yg berikan sumbangan terbesar dlm ‘paket benefit’
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
34. Nasehat Rebranding saya kpd Norman Kamaru adalah
kumpulkan sisa2 kekuatan. Tidak semua elemen (Benefit/VALUE) hilang kan?
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
35. Masyarakat yang sama masih mengenang Norman Kamaru dgn
sesuatu yg berbau ‘India’ dan bersifat entertainment, menghibur #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
36. Norman Kamaru jgn memulai brandingnya dari NOL. Jika msh
ada value yg bisa diberikan, yg bagian dari kekuatan, GUNAKANLAH #Rebranding.
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
37. Bisnis bubur, jgn gunakan brand Cafe J&J. Sebaiknya
Cafe diberi nama yg ingatkan pada kejayaannya; Cafe atau Bubur CHAIYA2
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
38. Ada menu bubur Manado boleh saja. Tetapi tambahkan jenis
makanan India untuk lebih ‘melekatkan asosiasi 'India’ tersebut #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
39. Lalu, putar lagu2 India di Cafe Chaiya-Chaiya. Di hari
ttt bolehlah Nornab mengadakan ‘show’ nyanyi joged India spt dulu #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
40. Kegiatan Rebranding itu bisa totally change VALUE or
Finetuning saja, tidak merubah semuanya. Ada yg msh bisa dipertahankan
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
41. Dlm #Rebranding NKamaru, tampil di acara Dahsyat atau
sejenisnya, atau ekstrim Jualan BUBUR, hrs ada benang merah KEY VALUE = INDIA
tadi
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
42. Kekuatan NKamaru itu berbau2 INDIA, jadi hrs dileverage
dalam proses #Rebranding tidak dibuang begitu saja walau utk konteks Cafe/Bubur
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
43. Sebenarnya masih banyak kesempatan bagi Norman Kamaru, baik
di dunia entertainment maupun di bisnis 'Cafe CHAIYA-CHAIYA' nya #Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
44. Mulai dipikirkan scr lebih terencana pengembangan BRAND
Norman Kamaru melalui Cafe “CHAIYA-CHAIYA” ini di masa depan #Serius
#Rebranding
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
45. Norman, yg lalu biarlah berlalu, Ini masanya untuk
#Rebranding. Jangan biarkan brand berjalan tanpa arah. Selamat Rebranding dg
benar
Amalia E Maulana @etnoamalia 21/Sep/2014
46. Akhir kultwit "Nasehat #Rebranding utk Norman
Kamaru". Semoga bisa ambil pelajarannya. Branding is a process. Jalankan
dg benar, terarah
No comments:
Post a Comment